Jumat, 24 April 2009

Perlukah Kaum Profesional belajar Meditasi?



“Buku ini saya kira akan membantu kita menyelami makna

kebahagiaan dengan berada DISINI dan KINI.
Ia mengingatkan saya bahwa untuk sukses orang mungkin
memerlukan sejumlah hal, namun untuk bahagia yang
diperlukan hanyalah diri sendiri.
Bacalah!”
Andrias Harefa, Fasilitator www.pembelajar.com,
Mitra Pendiri Institut Darma Mahardika

Mempertemukan kehidupan profesional dengan praktik meditasi adalah mungkin, bahkan dalam dunia yang cepat berubah ini, meditasi adalah terapi kejiwaan yang perlu menjadi perhatian. Titik temu itulah yang dibahas oleh Victor Alexander Liem dalam bukunya berjudul Using No Way as Way!

Apa itu meditasi?
Meditasi merupakan latihan yang melibatkan pemusatan pikiran dan pemahaman hidup, bukan sebuah sistem kepercayaan meskipun banyak aliran spiritual dan terapi psikologi menyarankan hal itu. Apa yang dilatih dalam meditasi adalah hal yang alami, yaitu kesadaran yang akan membawa kita pada kedamaian dan kebahagiaan.

Meditasi pada awalnya memang digunakan untuk tujuan spiritual, namun dari beberapa riset para ahli, meditasi mulai digunakan pada kehidupan profesional. Hal ini sebenarnya tidak bertentangan, mengingat bahwa tujuan meditasi adalah kebahagiaan, sesuatu yang dibutuhkan dalam setiap kehidupan terlebih kaum profesional.

Pada 22 Februari 2002, The Asian Wall Street Journal memuat artikel yang ditulis oleh Kevin Voight dengan judul The New Soul Search. Artikel ini melaporkan trend baru yang dilakukan oleh para enterpreneur, managing director, top executives dari perusahaan-perusahaan kelas dunia, seperti Coca-Cola Co., Mitsubishi Corp., Siemens AG, Hewlett-Packard Co., dan lain-lain. Para eksekutif puncak tersebut sedang mendalami latihan-latihan meditasi dan peningkatan kecerdasan spiritual yang mulai dirasakan kebutuhannya dalam dunia bisnis, terutama untuk membantu mengatasi stres, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan kesehatan.
Yang menarik dari buku ini, Victor juga menyebutkan bahwa tujuan latihan meditasi adalah untuk melatih kemampuan diri dalam menghadapi ketidakpastian. Bukan hanya dunia bisnis, tapi juga segala aspek kehidupan manusia selalu diliputi ketidakpastian. Hanya mereka yang mampu menghadapi kenyataan ini akan hidup bahagia dan bisa mengatasi permasalahan secara kreatif.

Perlukah kaum profesional belajar meditasi?
Jika ingin bahagia, mengapa tidak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar